🙏Selamat Datang di Website Resmi PD NW  Kabupaten Lombok Tengah 💌 Alamat Kantor: Jl. Sukarno Hatta No.14, Leneng, Kec. Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83511. ✍️ Mohon tinggal kan jejak pelungguh untuk mengisi buku tamu di bawah👇🏻 🌃Alhamdulillah Acara Peresmian Kantor PDNW Lombok Tengah berjalan lancar dan Sukses

Rabu, 11 Mei 2022, Mei 11, 2022 WIB
Last Updated 2022-05-11T15:18:44Z
GALERY PDNWkegiatan PDNW

Catatan Pengajian Ketua PDNW Loteng di Ponpes Barokatussolatiyah NW Puyung - SATU ISTRI SERIBU RASA



SATU ISTRI SERIBU RASA


(Catatan Pengajian Ketua PDNW Loteng di Ponpes Barokatussolatiyah NW Puyung)


Allah Swt Yang Maha Kaya dan Maha Penyayang telah menganugerahkan kita hamba-Nya banyak sekali kenikmatan yang tak terbatas. Termasuk pendamping hidup atau istri yang ditakdirkan Allah untuk membahagiakan kita.


Allah Swt sangat peduli dan menghendaki kita hamba-Nya menjadi orang yang berbahagia dan sejahtera, buktinya fitrah atau asal tempat tinggal kita manusia adalah berada di dalam sorga.



Untuk membahagiakan kita, Allah jodohkan kita dengan istri yang jumlahnya ada yang empat, tiga, dua, bahkan sudah merasa cukup dengan satu pendamping atau pasangan hidup. 


Tapi hebatnya anugerah Tuhan, disinilah bentuk keadilan Tuhan, meskipun hanya dianugerahi satu istri, tapi seribu rasa, demikian ungkapan ketua PDNW Loteng pada pengajian Halal Bihalal di Ponpes Barokatussolatiyah pimpinan Al-Mukarram TGH Hadi Usman, QH. MH.I Puyung tadi siang.


Kita belajar tentang akhlakulkarimah dari Allah Swt bahwa demikian baiknya, demikian pedulinya, sangat membahagiakannya Allah untuk hamba-hamba-Nya.


Kata Abah, tidak ada yang lebih kangen kepada kita, tidak yang lebih menjaga dan memelihara kita, tidak ada yang lebih cinta kepada kita kecuali Allah Sang Kholiq.


Maka marilah kita berusaha agar kita bisa memberi segala bentuk kenyamanan, kebaikan, kesejukan, dan hal yang indah-indah kepada orang lain. 



Hendaklah ada sifat mengalah demi menghargai dan menghormati orang lain. Jangan kita saja yang mau menang, mau dihargai, sementara kita tidak menghormati orang lain. Padahal menghormti orang lain, sama artinya menghormati diri kita sendiri. Abah kemudian membacakan ayat:


اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَ نْفُسِكُمْ ۗ وَاِ نْ اَسَأْتُمْ فَلَهَا ۗ 


"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. (QS. Al-Isra' 17: Ayat 7)


Pesan indah dari Rasulullah Saw tentang akhlaq yang disampaikan Guru Kita masyaikul Ma'had juga pendiri YANMU NW Praya adalah:


Ittiqillaaha haitsumaa kunta

Waatbiissayyiata alhasanata tamhuhaa

Wakhooliqinnaasa bikhuluqin jasanin


Ayat yang beliau kupas tentang akhlaq di majlis adalah Surah Al-Mujadilah ayat 11:


يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قِيْلَ لَـكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَا فْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَـكُمْ ۚ 


"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu."


(Rabu 10 Syawal 1443 H / 11 Mei 2022 M)