Quote_Nahdia nomor 11 - 20
#011
NW,
NWDI, NU organisasi mandiri. Warganya disebut Nahdliyyin. Nahdliyyin bersaudara
seakidah namun berbeda rumah. NU lahir dari konsensus ulama, NW lahir dari
ikhtiar sufi atas perintah MahaGuru, dan organisasi NWDI hasil ijtihad mandiri.
NW orang tuanya TGKH Muhammad Zainuddin, NWDI ortunya muassis organisasinya, NU
tetuanya Kyai Hasyim As'ari. Tuan Guru Zainuddin kagum pada Kyai Hasyim tetapi
tidak mengaku diri NU. Muassis organisasi NWDI mengetahui Kakeknya Tuan Guru
Zainuddin tetapi tidak lagi di NW. Warga NW taat PBNW.
#012
Pertama
kali di Makkah diolok-olok, digoblok-goblokin dicibiri. Pulang dari Makkah
dituduh Wahabi diisolasi. Menulis kitab ditertawai. Menjelaskan kebenaran
dianggap memfitnah. Wasiat lisannya seolah gibah. Surat kuasanya ditolak
mentah. Dituduh pikun dan selalu salah. Kuburannya diratakan tanah. Wasiat
tertulisnya dilupakan sudah. Sejarah baiknya alah-alaah. Ya Allah, ya
Rasulallah. Astagfirullah wa Inna lillah.
#013
Warga
NW adalah sebutan untuk anggota Organisasi NW. Alumni madrasah sekolah NW
semuanya warga NW. Keluarga NW dan anak-anaknya adalah warga NW. Mereka yang
baiat saat menerima ilmu hikmat adalah warga NW. Semua orang yang senang NW
namanya Pencinta. Warga dan Pencinta dicintai Maulana sehingga disapa di
Wasiatnya. Semua warga NW adalah murid Maulana dan didoa sepanjang masa. Warga
NW Maulana Syaikh imamnya.
#014
Tuan
Guru sebagai konstruksi sosio-religi adalah panggilan sekaligus gelar akademik
informal masyarakat Sasak kepada guru ngaji agama yang sudah berhaji. Tuan Guru
Nahdlatul Wathan dengan kekayaan referensi dan preferensi keagamaan berbasis
pesantren memiliki sanad kepada ulama Sunni Makkah utamanya madrasah
Saulatiyah. Bersurban kekhasan alumninya dan simbol konfidensi keulamaan bukan
ke-Arab-an. Tuan guru NW memiliki tradisi dan atensi bersorban dari Maulana
Syaikh sebagai simbol penghormatan keguruan dan supremasi keilmuan.
#015
Semua
amaliah, wirid, doa, hizib, thariqah NW dan lainnya adalah untuk kaum muslimin
meski penyusun doa tentu mendoa diri dan organisasi lalu ke umum kaum muslimin.
Nahdliyyin bersyukur atas banyaknya pendoa Nahdlatul Wathan meskipun bukan dari
warga Nahdlatul Wathan (baca: makin banyak pendoa kita). "Pengamal hizib
dan doa NW apakah menjadi warga NW?" Ndaklah! Semoga saja tetap menjadi
Pencinta NW yang mendoa kita. "Kalau mengaku NW?" Itu khilaf
membohongi diri. "Loh?" Kan harus ikut PBNW baru namanya
berorganisasi.
#016
Nahdlatul
Wathan adalah ilmu dasar bagi anggota organisasi NW. Nahdlatul Wathan fil-khair
(knowing, loving, and doing good) adalah risalah perjuangan warganya. Nahdlatul
Wathan fastabiqul khairat (sami'na wa atho'na) adalah spirit berjuangnya. Warga
NW berkepribadian baik (shalihin) serta gemar mengajak masyarakat berbuat baik
(mushlihin) melalui lembaga pendidikan, sosial dan dakwah. Pencinta Sayyid Amin
Al-Kutbi dan Sayyid Sulthon Zainuddin Abdul Majid taat pada pimpinan organisasi
Nahdlatul Wathan.
#017
Maulana
Syaikh itu lucu, saat susah nyanyi, saat senang apalagi. Simak aja lagu
karyanya. Komen _ala inaq, alah ule, lamper tame, Nahdlatul Banat sedia_ pantun
_loya loye bulan bintang Surabaya,_ contoh lucunya. Surbannya terjatuh saat
aksi happy. Saat muridnya menulis dirinya 'al-fansyauri' komennya unik:
"be becik so aku." Komen lucunya serius, "ndekku be-raja lek
puntik, prie munafik." Saat marah pun beliau melucu: _parane aku ope siq
anakku."_ Bahan leluconnya bukan cerita rekaan, bukan pula plesetan
teks-teks keagamaan.
Maulana
Syaikh aneh. Nama beliau Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Namanya menyatu dengan
nama Ayahnya tanpa _ibnu_. Nama putrinya juga menyatu dengan nama diri dan Sang
Datu'; Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Majid, tanpa _binti._ Nama Muhammad
Zainuddin juga diberikannya kepada cucu terpilihnya. Cicitnya bernama Muhammad
Zainuddin. Nama kebapakannya aneh, Abu Rauhun wa Raihanun. Putri II jadi
_kuniah._ Beliau digelari _Tuan Guru Bajang_ oleh ayahnya saat muda. Beliau
menggelari cucunya _Tuan Guru Bajang_ saat balita. Aneh?
#019
Era
sekarang adalah era Murid Maulana Syaikh. Mirip dengan era aṣḥāb al-nabī.
Sahabat Nabi adalah orang-orang yang mengenal dan melihat langsung Nabi
Muhammad, membantu perjuangannya dan meninggal dalam keadaan Muslim. Jika
mengikuti definisi ini, Murid Maulana Syaikh adalah orang yang mengenal dan
bertemu serta belajar kepada Maulana Syaikh, membantu perjuangannya, dan
meninggal dalam keadaan masih menjadi warga Nahdlatul Wathan. Sahabat Nabi
bersyahadat, Murid Maulana berbaiat.
#020
Baiat
adalah bentuk komunikasi intrapersonal di bawah sumpah atas nama Tuhan.
Melanggarnya merusak budi pekerti. Tanda rusaknya: nyaman berdusta, mendewakan
logika, seolah tiada dosa. Baiat murid Maulana Syaikh adalah baiat
ber-organisasi yakni menjadi anggota yang taat pada Nahdlatul Wathan dengan
pokoknya iman dan takwa. Mengaku masih NW walhal mengikuti organisasi lain
jelas musibah besar turun temurun. _NW, One Nation One Movement_.