🙏Selamat Datang di Website Resmi PD NW  Kabupaten Lombok Tengah 💌 Alamat Kantor: Jl. Sukarno Hatta No.14, Leneng, Kec. Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83511. ✍️ Mohon tinggal kan jejak pelungguh untuk mengisi buku tamu di bawah👇🏻 🌃Alhamdulillah Acara Peresmian Kantor PDNW Lombok Tengah berjalan lancar dan Sukses

Rabu, 11 Januari 2023, Januari 11, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-11T12:46:27Z
GALERY PDNWkegiatan PDNW

PDNW LOTENG RESPONSIVE AKTULISASI KALENDER NW



*PDNW LOTENG RESPONSIVE AKTULISASI KALENDER NW*

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿


Oleh: Abdul Manan Marda

(Wasek PDNW Loteng)


Apa yang kita rasakan ketika memperoleh kalender NW? alhamdulillah, senang sekali memperoleh update kalender terbaru NW, karena menjadi merasa memiliki keluarga besar dalam ikatan emotional spiritual keguruan dan kekeluargaan yang tidak kita dapatkan diluaran sana, yang mana persaudaraan untuk yang lebih mulia sampai berkeluarga di sorga kelak, itu yang kita bangun sejak di dunia.


Meskipun dalam bentuk selembar kertas, tapi berbeda kita menerimanya seperti kertas yang lain. Meskipun selembar kelender, tapi bukan seperti nilai kalender biasa pada umumnya. Karena disitu ada gambar guru besar kita yang kita takzimi dan muliakan. Kita bahkan akan menerimanya dengan penuh rasa takzim, tidak berani sembarangan menaruhnya. Kita usahakan sebisa mungkin menempatkannya ditempat yang terhormat. Itulah bagian dari cara kita mentakzimi guru besar kita.


Perlakuan kita kepada yang terkait dengan guru, meskipun itu dalam bentuk sebuah gambar adalah sangat penting diedukasi anak-anak kita. Yang membuat makin bernilai kertas kalender itu adalah karena disitu ada gambar guru besar kita, beserta ulama-ulama makkah Almukarromah, juga zurriyyat beliau. Gambar adalah lambang atau symbol. Kelihatannya sepele tapi sesunguhnya disanalah ujian hati kita bagaimana bertatakrama.


Innamal a'maalu binniyyaat, sekiranya saat menatap wajah yang mulia guru kita, dengan menghadirkan rasa takzim yang tulus, apalagi diikuti bisikan dan rintihan hati yaa Rob.... jadikan hamba menjadi orang yang mencintai kekasih-kekasihmu, layakkan hamba membersamai beliau-beliau kelak di sorga-Mu, tentu hal tersebut bagus sekali mudah-mudahan sebagai bentuk tersambungnya kita dengan para ulama kekasih Allah. 


Penglihatan kita perlu dilatih dan dibiasakan dengan menatap wajah-wajah hamba-hamba Allah yang soleh-soleh. InsyaAllah akan mengurangi dosa mata kita. Dan NW membangun kebiasaan menatap ulama minimal lewat sebuah kalender.


Setiap kita butuh management waktu dalam menata dan merencanakan program atau kegiatan sehari-hari. Orang-orang yang sukses selalu berbicara tentang menghargai setiap detik waktu. Karena mereka merasa menghargai waktu adalah bagian penting dari kunci kesuksesan mereka. Demikian pula dengan sebuah institusi atau organisasi, mereka pasti memiliki program kerja bulanan dan tahunan, atau program jangka pendek dan program jangka panjang.


Salah satu bentuk dari management waktu tersebut adalah pentingnya kita memiliki kalender. Kalender sesungguhnya sangat penting menjadi rujukan setiap orang dan organisasi untuk menyusun agenda-agendanya. Tanpa kalender rasanya imposible kitanakan memiliki keteraturan dalam menyusun setiap kegiatan. Adanya kalender menjadi symbol kita peduli waktu, karena waktu sangat mahal, maka jangan sampai mengalir waktu itu begitu saja tanpa bernilai amal.


Alhamdulillah, perhatian pengurus besar terhadap pengadaan kalender organisasi yang menjadi rujukan setiap kader dan warga NW berkegiatan tetap setiap tahunnya direlease. Kalender NW sejak zaman pendirinya sampai penerusnya saat ini tetap menjadi perhatian penting untuk disebarluaskan. Karena selain sebagai rujukan penanggalan, sejatinya kalender NW ini punya banyak faidah lainnya. Penulis mencoba menganalisis beberapa faidah yang terkandung didalamnya.


Pertama: Kalender NW menjadi sarana aktualisasi semangat berorganisasi. Hadirnya kalender baru dengan design terbaru, yang mana pada gambar utama memuat fhoto dari guru besar kita Al-Magfurulah Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, menjadi pengingat dan penyemangat bahwa waktu-waktu yang kita lalui harus bernilai perjuangan. 


Kedua: Kalender NW sekaligus menjadi ta'aruf keluarga besar PBNW, agar warga NW mengenal semua zurriyyat Pendiri NW khususnya yang meneruskan visi misi perjuangan Pahlawan Nasional kita Kiyai Hamzanwadi. Ironis memang kalau kita tidak tahu pemimpin dan panutan kita, maka demikian pula di edisi 2023 ini memuat fhoto zurriyat Maulanasyaikh.


Ketiga: Kalender NW menjadi syiar ke-NW-an kita, karena syiar itu tidak hanya dalam bentuk media elektronik ataupun online, tapi salah satunya juga melalui media cetak. Rumah - rumah warga NW selalu dihiasi oleh pajangan gambar ulama, gambar guru besar kita yang menjadi icon kealiman dan kesolehan seorang tokoh publik nasional bahkan internasional. Kalau saja sebagian rumah-rumah dihiasi dengan kalender gambar-gambar artis yang memperlihatkan bupati (buka paha tinggi-tinggi) atau sekwilda (sekitar wilayah dada) kan akan lebih baik mata kita menatap ulama yang mendatangkan pahala insyaAllah.


Keempat: Kalender NW menjadi sarana penggalangan amal untuk ikut berkontribusi mensukseskan agenda-agenda organisasi, seperti pembangunan pondok-pondok pesantren NW. InsyaAllah meskipun sedikit dana yang terhimpun, tapi kali banyak, akan mampu menjadi solusi peningkatan sarana dan prasarana untuk kepentingan ummat.


Kelima: Kalender NW menjadi sarana atau mediasi mempererat persatuan dan persaudaraan warga NW. Karena dengan memiliki kalender di setiap rumah dapat menambah rasa persaudaraan nahdliyyah. Kita merasa nyaman masuk rumah ketika melihat kalender NW terpajang di ruang tamu, ada kesamaan dirasa dengan tuan rumah, seperjuangan, seperguruan. Tidak perlu bertanya banyak apakah tuan rumah warga NW, cukup paham dengan kalender yang ada di ruang tamu, sehingga tumbuh keakraban dan rasa persaudaraan nahdliyyah.


Keenam: Kalender NW membantu hidupnya perekonomian ummat, alangkah bersyukurnya percetakan ketika diminta oleh PBNW untuk mencetak pengadaan kalender, berarti secara tidak langsung NW telah menghidupkan perekonomian pengusaha percetakan. Yang semula pemasukan atau income berkurang, pelanggan kurang, dengan pemesanan dari NW perekonomian banyak orang terangkat. Seperti pengusaha kertas menjadi untung, tukang design menjadi bisa masuk rezeki, kariawan percetakan jadi dapat intensive. Anak-anak mereka bisa belanja, dapur ngepul dst.


Ketujuh: Kalender NW memiliki banyak cerita magis oleh karena memuat foto Sang Sultonulauliya ulama kutubulaktof, sehingga wajar ada saja cerita menarik yang sampai ketelinga kita, antara lain pernah dijumpai dalam sebuah peristiwa bencana alam seperti kebakaran ataupun bencana alam gempa bumi. Rumah yang ada kalender ataupun foto Al-Magfurulah Maulanasyaikh disitu alhamdulillah tidak terkena imbas dari bencana tersebut, ini tentu diluar jangkauan akal pikiran manusia, tapi hal itu terjadi, kita yakini bagian dari karomah Maulanasyaikh.


Ada juga yang penulis dengar bahwa seorang jamaah pernah punya pengalaman dengan kalender NW, itu bila digulung, lalu sisi ujungnya yang berlobang dimasukkan ketelinga akan samar-samar terdengar seperti orang yang sedang membaca hizib, ini tentu kembali kepada keyakinan dan keikhlasan orang-orang tertentu dalam mentakzimi keagungan guru besar kita Al-Magfurulah Maulanasyaikh.


Guru saya Al-Ustadz Muhammad Nursam, ketika MTs dulu saya senang sekali dikisahkan banyak hal tentang karomah guru besar kita Almagfurulah Maulanasyaikh pada pelajaran ke-NW-an. Salah satu cerita beliau yang penulis masih ingat adalah pernah terjadi dulu ada orang yang pernah menghina gambar Al-Magfurulah Maulanasyaikh pada sebuah kalender. Orang yang buruk akhlaknya itu mencela-cela gambar Maulanasyaikh, lalu merobek kalender tersebut sambil bilang oo... begini ya rupa tuan guru yang disumbang-sumbang itu, kemudian dicampakkannya robekan kalender itu di telaga. Sejurus kemudian dia mandi di telaga itu, tapi yang dirasakannya air tersebut sangat dingin seperi es yang membekukan tubuh, lalu ia berteriak minta tolong, dan orang pun berdatangan. Akhirnya menyadari kekeliruannya telah melecehkan gambar Al-Magfurulah Maulanasyaikh.


Oya.... bagaimana penerimaan Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan Lombok Tengah (PDNW Loteng) terkait dengan dirilisnya kalender terbaru tahun 2023? 


Alhamdulillah semenjak terbitnya kalender NW terbaru pada bulan Desember tahun lalu 2022, ketua PDNW Lombok Tengah beserta jajaran, termasuk sekretaris daerah (Pak Sekda) dan Pak Bendahara cepat merespon pendistribusian tersebut. Dalam catatan Pak Bendahara Ust Mubassyirin Al-Muhib dapat kita lihat sejauh mana kalender tersebut telah didistribusikan, mari kita lihat sejenak:


1. PCNW Pujut 1000 Lembar

2. PCNW BKU 1.200 Lembar

3. PCNW Kopang 1000 Lembar

4. PCNW Praya Barat 100 Lembar

5. PCNW BK 2.100 Lembar

6. PCNW Praya 350 Lembar

7. PCNW Janapria 500 Lembar

8. PCNW Pratim 1000 Lembar

9. PCNW Prateng 350 Lembar

10. PCNW PBD 270 Lembar

11. PCNW Jonggat 400 Lembar

12. PCNW Pringgarata 350 Lembar

Jumlah sementara: 8.620. lembar


Luar biasa kesibukan kawan-kawan pengurus  organsasi dalam rangka membangun sinergitas mensukseskan pendistribusian kalender NW, pak  bendum sendiri selalu mengupdate informasi tentang info-info terkait kalender. Terus membangun komunikasi ke pusat logistik kalender di Ponpes Syaikh Zainuddin NW di Anjani.


Bagi pengurus Cabang NW yang kebetulan ada kesibukan langsung diantarkan, bahkan ada yang datang langsung ke kantor PDNW Lombok Tengah, atau sesuai situasi dan kondisi. Beberapa pengurus juga ada yang menjemput bola, ada yang menerima di rumah atau kediaman Pak Sekda, ataupun ada yang datang ke Sepakat di rumah Pak Bendum.


Kita doakan untuk para penyumbang kalender semoga Allah memberkahi rezekinya, diganti olehAllah uang yang dikeluarkannnya untuk berinfaq lewat sumbangan kalender dengan yang lebih mulia dan berharga disisi Allah Swt. Dan kita tidak tahu lewat amal manakah nantinya Allah akan anugerahkan kita ridho dan ampunan-Nya.


Itulah yang dibangun oleh NW, yaitu berbagai macam jalan dan cara agar kita bisa menambah pundi-pundi kekayaan akhirat kita. Siapa tahu, berkah kita ikut membantu organisasi NW sekedar lewat menyumbang kalender, hal tersebutbakan membuka pintu rezeki yang tidak disangka-sangka baik didunia maupun balasan Allah kelak di akhirat. 


Pokoknya.....!

NW.....!

Pokok NW....!

Iman dan Taqwa....!


*(Rabu 18 Jumadil Akhir 1444 H/ 11 Januari 2023)*