Quote_Nahdia nomor 51 - 60
#051
Nabi
sahabat bersifat ruhama' (santun) sesama muslim, asyidda' (tegas) pada
non-muslim. Sifat santun, penyayang lembut dan sifat tegas terbuka adalah
turunan para anbiya'. Maulana Syaikh sangat menyayangi anak cucu dan muridnya.
Bahkan murid dan anaknya disayangi setara. Banget! Akan tetapi, kalau keluarga
dan murid melanggar aturan agama beliau pasti marah besar bahkan menggampar.
Dakwah sejuk berpadu ketegasan bukan pencitraan melainkan perilaku dakwah
kenabian cermin kejantanan kemapanan kepribadian beralas keagamaan.
#052
Orang
yang mengaku netral padahal sudah tahu menahu sejarah yang sebenarnya lalu
mengikuti kedua-duanya maka ia sedang mengikuti organisasi yang dibentuk oleh
perasaan, berpedoman bayangan, berkantor layangan, ber-imam anggapan, tujuannya
ketiadaan. Sama saja dengan yang mengaku diri tidak berada di organisasi NW
namun mengaku tetap be-risalah NW. Ahaa...!! Logika kekanakan me-nina-bobokkan.
Netral bermakna tidak jantan tidak betina, _rempong_ dong. _Allahuma ihdinā
bihudāk walā tuwallinā waliyyan siwāk_
#053
Mengapa
Maulana Syaikh Zainuddin Tsani mengajarkan berulang kali agar memperbaiki hati?
Ajaran utama ulamā shūfi adalah perbaikan hati dan majlisnya menjadi
"Bengkel Hati". Hati tempat jiwa bertanya, azam dan niat berada,
relung bersemayam cinta, ruang indah rasa, ladang bersemainya rela, palung
menyimpan kenang menyulam tenang, merenda iman & keyakinan. Karena hati
ber-bolak balik maka ia harus dijaga, diperbaiki, dibersihkan sebelum niat
diletakkan. Bekerja dengan hati berawal dari bekerja memperbaiki hati. Wallāhu
a'lam.
#054
Satu-satunya organisasi kemasyarakatan di dunia yang memiliki
doa, shalawat, wirid, hizib, dan thariqat atas nama Organisasi bukan atas nama
pribadi adalah Nahdlatul Wathan. Thariqatnya bernama Thariqat Hizib Nahdlatul
Wathan Karya Sayyid Sulthan Kyai Muhammad Zainuddin AM Lombok NTB. Thariqat ini
-
-
oleh Penciptanya -- disebut Thariqat Terakhir,
Thariqat Akhir Zaman. Berarti tidak ada lagi Thariqat setelah ini. Ber-Thariqat
NW berarti berbaiat menjadi orang NW, taat kepada Khalifah Thariqah yakni
Sayyid Ahmad Ihsan.
#055
Pemimpin
Besar sengaja menyediakan penerus penggantinya (regenerasi). Para ulama besar
termasuk Imam Ummat Akhir Zaman Syaikh Muhammad Zainuddin meneruskan
eksistensinya lewat tulisan brilian yang dirawat para muridnya via ilmu
ber-silsilah. Zainuddin I Sang Maestro mengabadikan dirinya dengan eksisnya
Organisasi Nahdlatul Wathan. NW melakukan regenerasi kepemimpinan formalnya via
Muktamar NW secara periodik. Dan, penunjukan cucunya Zainuddin II sebagai
penggantinya bagian dari manajemen strategik leadership-sustainbility.
#056
Mengapa
Penerus Maulana Syaikh menjaga dan membela Organisasi Nahdlatul Wathan adalah
putri kedua beliau? Jawabnya: wallāhu 'a'lam. Sejarah bercerita Ummi al-Mujāhidah
memang dipuji baktinya oleh ayahnya, bersama suaminya sangat taat pada Maulana,
dibuktikan komitmennya 20 tahun menjadi PBNW, menjejak pelosok Nusantara,
sukses menghalau kudeta, tegas pada perusak sejarah mulia, suka bercanda dengan
anak buahnya, sering menangis mengingat kezaliman kepada ayahnya, ahli ibadah
siang malamnya, estafet perjuangan NW dijaganya
#057
Mengapa
pindah ke Anjani pusat NW? _Karena tidak diperkenankan di tanah kelahirannya
pasca wafat Maulana. Setelah diusir pernah sih coba Hultah NWDI tapi ndak
aman._ Mengapa ke Anjani? _Hasil istikharah saat mengungsi ke Kalijaga.
Pesantren Syaikh Zainuddin, sebuah peradaban baru di ruas trans-nasional, di
lahan 25 hektar, jawabannya._ Terus yang di Pusat? _Energi berjuang bagusnya
happy karya mandiri. Males ribut._ Diambil ya? _Bukan, dikuasai sendiri tanpa
berbagi._ Ooh!
#058
Ada
kesamaan antara Maulana Syaikh I, II dan Rais 'Am PBNW Ummuna al-Mujāhidah saat
menyatakan persetujuan. Saat kader meminta saran pendapat dan langsung dijawab
maka biasanya tidak ada pantangan halangan yang berarti. Jika beliau merenung
sejenak lalu menjawab "ya sudah" sebaiknya permintaan itu
dipertimbangkan kembali. Itu istikharah. Orang² yang dekat disisi Allah
nalurinya tajam membaca apa yang akan terjadi. Tidak semua niat baik hasilnya
baik mungkin karena timing-nya, pelaksananya, arah atau prosedurnya tidak
tepat.
#059
_'One
heart'_ setia satu cinta, terma yang nyentrik untuk meng-introdusir ilmu-nya
orang NW yakni _ilmu ngiring, sami'na wa 'atho'na_ (kami percaya, kami setia).
Kadar bakti dan cinta kepada Maulana Syaikh ukurannya _kebermanfaatan untuk NW_
bukan _lip-service_ (bertanam tebu di pinggir bibir)
dengan
mengaku cinta Maulana cinta zurriyat-nya. _Pengiring NW_ aktif menebar manfaat,
kompak bersatu berjuang sesuai bakat dan bidang taat pimpinan. _Ngiring_ itu
_honesty_ (tulus-jujur) _ngiring itu_ _integrity_ (patuh-mengabdi)
#060
Mengormati
ulama wajib bagi setiap muslim. Menghormati dan menaati ulama tempat berguru
kewajiban santri muslim. Menyukai orang alim tidak identik dengan berguru.
Berguru berarti belajar langsung _wajhan bi wajhin (face to face), talaqqi,_
murid-guru saling kenal, atau dengan menerima ijazah ilmu _musalsalah_
(berantai), ilmunya ber-sanad. Murid sufi wajib berbaiat (ikrar ta'at),
guru-murid terikat mahabbah (saling mencintai). Ulama al-'Āmilīn dicintai. Ulama-Guru wajib
ditho'ati dan warisannya harus dibela sampai akhirati.